" Glitter Words

Rabu, Februari 18, 2009

Pertumbuhan Gigi

By Wienkz 02


“ Aduh … gigi adek kecil kok rusak semua, gak apa-apa dech… nanti pasti ada gantinya”. Kata-kata ini seringkali diucapkan oleh para ibu saat mengetahui gigi anak-anaknya banyak yang lubang. Memang benar setiap gigi itu ada gantinya tapi ada tahapan (waktu) dalam pertumbuhan tiap gigi.

Sebenarnya pertumbuhan gigi itu terbagi menjadi 3 tahap yaitu tahap gigi sulung (gigi susu), tahap gigi pergantian(tahap gigi campuran) dan tahap gigi permanen. Tahap gigi sulung dimulai pada anak usia 6-7 bulan dan diakhiri dengan tumbuhnya gigi permanen sekitar umur 6 tahun. Gigi sulung ini akan digantikan oleh gigi permanen. Meskipun akan diganti oleh gigi permanen, gigi sulung harus dipelihara dengan baik karena gigi sulung berfungsi sebagai pemesan tempat bagi gigi permanen, apabila gigi ini tanggal sebelum waktunya maka kemungkinan besar gigi permanen yang menggantikan menjadi tidak dapat tempat sehingga gigi permanen akan tumbuh berdesakan. Jadi untuk para orang tua sangat diharapkan untuk lebih perhatian pada kesehatan gigi anak-anaknya, kenalkanlah dokter gigi pada anak sejak dini supaya anak bisa lebih mengetahui bagaimana menjaga kesehatan gigi dan menghindarkan ketakutan anak-anak pada dokter gigi.

Tahap yang kedua adalah tahap gigi pergantian. Tahap ini dimulai pada usia 6 tahun sampai kira-kira usia 12 tahun. Tahap ini disebut juga tahap gigi campuran karena pada tahap ini terdapat gigi sulung dan gigi permanen dalam mulut serta merupakan peralihan atau pergantian dari masa gigi sulung ke masa gigi permanen. Kira-kira pada usia 6 tahun gigi permanen pertama tumbuh. Gigi ini merupakan gigi geraham permanen pertama dan seringkali berlubang karena memiliki ceruk-ceruk (fissure) yang tajam sehingga makanan cenderung mudah menempel dan dengan pembersihan dengan sikat gigi pun kurang efektif karena tidak dapat menjangkau daerah-daerah yang tajam tadi. Di sini peran dokter gigi sangat diperlukan untuk mencegah gigi tersebut berlubang yaitu dengan cara menutup ceruk-ceruk tersebut dengan suatu bahan yang dikenal sebagai fissure sealant.

Tahap yang terakhir adalah tahapan gigi permanen. Gigi permanen ini sudah tidak ada gantinya lagi jadi harus dijaga lebih baik lagi.

Jadi intinya adalah pada setiap tahapan gigi-gigi tersebut sangat penting dan harus dipelihara dengan baik serta jangan sampai berlubang dan apabila terlanjur berlubang maka segeralah pergi ke dokter gigi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Dan jangan lupa untuk menyikat gigi Anda minimal 2 kali sehari yaitu sesudah makan dan sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar