" Glitter Words

Sabtu, Februari 28, 2009

Sariawan

By Wienkz 02

Sariawan…… siapa yang tidak tahu tentang penyakit ini, luka kecil dengan diameter kira-kira 1 mm yang biasanya mengenai lidah, dasar mulut, bibir, atau bagian dalam pipi. Luka ini terasa nyeri dan berwarna putih atau abu kekuning-kuningan dengan bagian tepi yang meninggi dan berwarna kemerahan. Karena terasa nyeri penderita biasanya mengalami kesulitan dalam berbicara, mengunyah dan membersihkan rongga mulutnya. Untuk mengurangi rasa sakitnya, para dokter gigi biasanya memberikan resep salep yang khusus yang mengandung antiseptik dan anti radang untuk dioleskan di dalam mulut jika sariawan berjumlah hanya satu dan bisa dijangkau oleh penderita tapi kalau jumlahnya lebih dari satu atau letak sariawan sulit dijangkau, maka lebih efektif dengan obat kumur atau salep yang dikulum.

Sariawan dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti stress, alergi, kekurangan vitamin C, trauma fisik (luka terkena sikat gigi, adanya sisa akar dan restorasi yang tajam, dll), trauma kimia. Sariawan ini biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Tapi apabila sariawan tidak sembuh dalam waktu yang lama sebaiknya Anda segera menghubungi dokter gigi terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

ﺍﻠوﻗت ﻜﺍﻠﺴﻴﻑ

coz its never come back so used it well

3 komentar:

  1. saya sering sekali mengalami sariawan di mulut, kalo dirata2 bs 1 bulan sekali saya sariawan.kira2 hal ini disebabkan oleh apa ya?thx

    BalasHapus
  2. sorry yach...posting gw barusan gw ditanyain tmen kasusnya bukan pada diri gw:))

    BalasHapus
  3. kalo menurut ilmu yang gw dapet dr sekolahan, yg dialami ama tmn lo itu dalam bahasa kedokterannya disebut dengan stomatitis apthous recurrent(SAR),penyakit ini sejenis sariawan tapi belum diketahui penyebabnya. timbulnya penyakit ini dapat dipicu oleh kondisi tubuh yang kurang fit (lagi drop), stress, bisa juga terjadi saat /menjelang menstruasi.Saat tubuh dalam keadaan kurang sehat maka jaringan lunak dalam rongga mulut(gusi, bibir, pipi, dll) akan mudah/rentan terkena jejas(luka)sehingga sedikit saja jaringan tersebut terkena sesuatu, rentan sekali terjadi sariawan dan seringkali jejas tersebut tidak disadari oleh penderita. Sorry yach baru reply soalnya lama ga buka blog:)

    BalasHapus