" Glitter Words

Sabtu, Februari 28, 2009

Impaksi Geraham Terakhir

By Wienkz 02

Aduh..... gusi gue yang paling belakang sakit banget nich??? Masa sudah seGEDE ini gigi gue masih bisa tumbuh??? Seringkali pertanyaan tersebut terdengar bukan??? Gigi terakhir tumbuh pada usia 18-21 tahun dan letaknya paling belakang, karena letaknya paling belakang seringkali gigi tersebut tidak bisa erupsi (muncul ke pemukaan) atau tumbuh dalam keadaan miring. Hal ini disebabkan rahang yang semakin mengecil sehingga gigi tersebut kekurangan tempat. Nah … kalau sudah kekurangan tempat begini, maka gigi tersebut harus diambil dengan jalan operasi, karena kalau dibiarkan bisa menimbulkan infeksi dan seringkali jika keadaan tubuh kita sedang tidak sehat maka daerah gigi yang terpendam tersebut terasa sakit.


gambar gigi geraham terakhir yang impaksi (terpendam)

Pada jaman dahulu diperkirakan rahang manusia lebih besar dan kuat dibandingkan dengan rahang manusia pada jaman sekarang, karena fungsí gigi manusia masih berfungsi secara maksimal, gigi mereka juga lebih besar dan kuat, mereka masih memakan makanan yang mempunyai tekstur yang keras. Sekarang ini setelah semua menjadi mudah dengan banyaknya teknologi yang semakin modern, daging pun sekarang ada yang dibuat lebih lembut sehingga memakannya pun tidak perlu kerja keras. Manusia sekarang kurang memanfaatkan fungsi gigi, seringkali kita lebih memilih makanan yang teksturnya lebih lembut. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan rahang kurang maksimal. Sehingga rahang pun semakin mengecil. Oleh karena itu, mulai dari sekarang maksimalkan fungsi gigi Anda….

2 komentar:

  1. maksudnya kita makan daging dengan tulangnya dikremus, gitu. atau makan kacang sama kulitnya langsung enak.

    mungkin permen karet aja yang lebih kenyal bisa menggantikan kulit kacang dan tulang ya

    BalasHapus
  2. yaaa g gitu2 kalee, masak mw makan tulang ama kulit kacang.... Tp klo km mau gpp sich....;)
    Maksude memaksimalkan fungsi rahang misalnya klo memasak daging ato apapun jangan d buat terlalu lembut, krn kerja otot membuka n menutup mulut tdk akan berkurang, shg fungsi rahang akan maksimal

    BalasHapus