" Glitter Words

Rabu, Maret 25, 2009

Karang Gigi

By Wienkz 02

Apakah gusi anda mudah berdarah???? Apakah anda termasuk orang yang malas membersihkan gigi???? Ternyata kedua hal tersebut sangat berhubungan lho.....Sebenarnya sesaat setelah kita membersihkan gigi, terdapat plak yang menempel pada gigi, pada dasarnya plak ini tidak mengandung kuman tapi jika dibiarkan dalam waktu yang lama maka plak ini akan ditempati kuman. Plak merupakan lapisan tipis yang menempel pada gigi. Plak ini tidak dapat dihilangkan hanya dengan berkumur saja tapi harus dibersihkan dengan cara menyikat gigi. Kuman-kuman yang terdapat pada plak dapat mengeluarkan racun/toksin yang dapat merangsang gusi sehingga terjadi radang gusi dan gusi pun menjadi mudah berdarah. Keradangan yang terjadi pada gusi bisa juga disebabkan karena kekurangan vitamin C. Jika plak tidak dihilangkan, maka lama-kelamaan plak akan mengeras dan akhirnya membentuk karang gigi.

Bila kita malas membersihkan gigi maka sisa makanan akan menumpuk dan lama kelamaan bersama-sama dengan bahan-bahan yang terdapat pada ludah akan mengeras dan melekat pada permukaan gigi, inilah yang disebut karang gigi. Dalam waktu yang lama akan bertambah banyak dan tidak dapat dihilangkan sendiri tapi harus dengan bantuan dokter gigi. Karang gigi juga dapat menyebabkan keradangan pada gusi sehingga gusi akan mudah berdarah saat ditekan sedikit saja atau saat menyikat gigi. Bila karang gigi tidak dibersihkan maka lama-kelamaan gigi akan menjadi goyang dan lepas dengan sendirinya. Hal-hal yang dapat memudahkan terjadinya karang gigi adalah keadaan ludah, permukaan gigi yang kasar atau licin, keadaan gigi yang tidak teratur, gusi yang melorot (resesi gusi).

Karang gigi juga bisa terbentuk jika sederet gigi tidak digunakan misalnya karena adanya suatu sebab ada gigi yang lubang atau sakit sehingga rahang tempat gigi yang sakit tersebut tidak digunakan untuk makan, maka ia makan dengan sebelah rahang saja yang giginya tidak sakit, lama-kelamaan gigi-gigi yang tidak digunakan akan dipenuhi karang gigi. Hal ini dapat terjadi dikarenakan gigi-gigi yang tidak digunakan terjadi penumpukan sisa-sisa makanan.sedangkan gigi-gigi yang dipakai menjadi lebih bersih, karena ketika mengunyah, air ludah dan gerakan otot pipi membersihkan daerah tersebut.

Yang terpenting untuk mencegah bahaya yang ditimbulkan dari karang gigi ini yaitu dengan membersihkan gigi dengan teratur minimal menyikat gigi 2 kali sehari yaitu sehabis sarapan dan sebelum tidur. Dan biasakan berkumur atau makan buah-buahan yang berserat setelah makan jika tidak sempat menyikat gigi. Berkunjung ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali juga merupakan suatu pencegahan yang dianjurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar